Berubah atau mati tergilas?

Posted: Januari 11, 2011 in Goresan senyumku

kau tau, aku bukan pemilik keberanian sejati itu. aku bukan orang yang selalu benar dan orang yang selalu menang. tapi kau harus tau ! aku adalah orang yang selalu ingin belajar untuk benar dan orang yang selalu ingin menang, karena keyakinanku itulah kini aku bisa berdiri tegar disini. kau ingin tau siapa aku sebelum aku punya keberanian mencintai diriku sendiri? aku hanya gadis udik yang menjelajahi setiap sudut kepenatan yang mereka hadirkan dalam lembaranku. kau ingin tau juga pastinya dari mana aku lahir? yah disana sebuah desa yang masih bersih dari debu – debu globalisasi, desa yang masing menjunjung tinggi adat istiadat. yang masih meninggikan harta daripada ilmu, aku memang bukan siapa – siapa saat itu, dan aku tau benar. saat itu aku tak punya keberanian menunjukkan siapa aku? karena aku pikir aku tak punya apa2. bayangkan apa yang bisa dibanggakan gadis desa yang gaptek seperti aku? tak ada. limitnya fasilitas yang menghimpitku untuk maju, membuatku semakin berpikir keras. mereka bilang yang meninggikan derajat itu harta? hah? tapi tak seperti itu paradigma bapakku saat itu. bukankah lebih baik miskin harta? daripada miskin ilmu? kau tau effek apa yang ditimbulkan dari statment bapakku saat itu?
yah, mereka pikir harta adalah kebahagiaan. bulsit !!!
toh pada akhirnya harta itu akan habis, sedangkan ilmu akan permanen menjadi aset yang tak bisa dijual dan tak kan terbeli. dengan segala keterbatasan keluargaku, aku mencoba berpikir apakah aku akan bertahan dengan keadaan masyarakat yang masih mendewakan harta? atau aku mengamini statment bapak dan melanjutkan perjuanganku mencari ilmu. dan sepertinya aku memang harus berubah, jika tidak aku akan mati tergilas dalam paradigma yang aneh itu.
dan sekarang kau tau? aku berani mengatakan pada dunia ” aku mencintai diriku sendiri ” kata yang terbelenggu lama dalam sanubariku.
hari ini aku adalah diriku yang mempunyai banyak energi untuk berubah, dan untuk berkontribusi bagi semestaku,
percayalah kau bisa melakukan itu asalkan kau yakin bisa dan kau yakin pantas menjadi agent of Changes itu.

Tinggalkan Balasan

